Thursday, January 1, 2015

PENGARUH PEMBERIAN MINUMAN LIDAH BUAYA

PENGARUH PEMBERIAN MINUMAN LIDAH BUAYA TERHADAP TEKANAN DARAH PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS PASIRKALIKI KOTA CIMAHI


KARYA TULIS ILMIAH
diajukan untuk melengkapi persyaratan menyelesaikan
pendidikan Program Diploma III Kesehatan Bidang Gizi



oleh:
Dessy Nursetiani Rahayu
NIM. P17331111025








POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES BANDUNG
JURUSAN GIZI PROGRAM STUDI DIPLOMA III

2014












ABSTRAK
Rahayu, Dessy Nursetiani. 2014. Pengaruh Pemberian Minuman Lidah Buaya terhadap Tekanan Darah pada Pasien Hipertensi di Puskesmas Pasirkaliki Kota Cimahi. Karya Tulis Ilmiah, Program Studi Diploma III, Jurusan Gizi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung. Pembimbing : Gurid Pramintarto Eko Mulyo, SKM, M.Sc.
Hipertensi adalah suatu keadaan yang ditandai dengan terjadinya peningkatan tekanan darah dalam arteri. Lidah buaya memilki unsur kalium, senyawa flavonoid, dan polifenol yang mempengaruhi tekanan darah. Kalium dapat mengurangi sekresi renin dan menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak natrium dalam urine. Selain itu, senyawa polifenol secara umum dapat meningkatkan kesehatan arteri, dan senyawa flavonoid sebagai inhibitor ACE alami. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui pengaruh pemberian minuman lidah buaya terhadap tekanan darah pada pasien hipertensi di Puskesmas Pasirkaliki Kota Cimahi. Desain penelitian menggunakan kuasi eksperiment one group pre-post test, dengan total sampel sebayak 21 orang. Hasil penelitian selama 5 hari pemberian minuman lidah buaya rata-rata tekanan darah sistolik akhir menurun dari 162 mmHg menjadi 145 mmHg (p=0.00), dan tekanan darah rata-rata diastolik akhir menurun dari 94 mmHg menjadi 88 mmHg (p=0.00), dengan tingkat kepercayaan 95%. Saran untuk penderita hipertensi dapat menjadikan minuman lidah buaya sebagai salah satu alternatif minuman sehat untuk hipertensi.

Kata Kunci: Hipertensi, Minuman Lidah Buaya, Tekanan darah


No comments:

Post a Comment

ASUHAN GIZI

. PEMERINTAH DAERAH PROVINSI...................... RSU ............................... FORMULIR CATATAN ASUH...